PROPOSAL USAHA


JUDUL PROOSAL
Digital Photo and Printing
TEMA PROPOSAL
“Meningkatkan Kualitas Produk Serta Pelayanan Jasa Foto dan Percetakan Digital dalam Era Teknologi Modern”
PENDAHULUAN
Di dalam era modern yang mengarah kepada teknologi komunikasi ini sangat sulit untuk mencari lapangan kerja yang kiranya dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Peluang Lowongan Pekerjaan yang semakin sulit juga merupakan salah satu faktor penyebab begitu banyaknya pengangguran. Oleh sebab itu, sebagai generasi muda saya merasa terpanggil untuk berwirausaha dengan tidak bergantung pada lapangan pekerjaan.
Adapun yang saya rencanakan adalah usaha “Digital Photo and Printing” yang mana bidang usaha ini punya prospek bagus dalam jangka panjang.

LATAR BELAKANG
Semakin canggihnya teknologi komunikasi terutama di bidang percetakan modern maka setiap perusahaan, perkantoran, sarana pendidikan dan lain sebagainya akan memerlukan jasa percetakan guna mensosialisasikan kegiatan-kegiatan mereka atau mempromosikan produk usaha mereka kepada masyarakat di daerah tersebut. Tentunya di daerah – daerah di luar kota masih sangat sedikit masyarakat yang mengetahui tentang bisnis percetakan digital ini, sehingga saya berinisiatif untuk membuat suatu usaha percetakan modern (Digital Printing)  yang saya beri nama LEYIF DIGITAL Photo and Printing.
Usaha percetakan digital ini memiliki prospek yang sangat bagus kedepannya. Karena selama kepemerintahan atau dunia pendidikan dan Usaha Kecil Menengah (UKM) ini terus berjalan dan bertambah, maka keberadaan usahan percetakan ini akan selalu dibutuhkan oleh mereka, sebagai mitra mereka utuk memenuhi kebutuhan advertising atau promosi usaha mereka, dalam kesempatan yang sama pula menurut pengalaman serta nalar logika dan adat istiadat masyarakat serta lini kehidupan sosial manusia akan sangat membutuhkan jasa fotografi dalam berbagai acara terutama acara resepsi pernikahan. Diharapkan dengan adanya usaha ini akan mampu membuka peluang kerja bagi masyarakat yang kreatif dalam bidang ini, sehingga ilmu yang telah diperoleh di Sekolah atau di perguruan tinggi mampu mereka pergunakan secara maksimal di usaha bisnis saya ini guna mempermudah media komunikasi dan periklanan dalam masyarakat.
Alhamdulillah, usaha saya ini sudah mulai berjalan dari empat tahun yang lalu, tepatnya Bulan Mei 2013. Dan sampai sekarang masih berjalan dengan baik dan membuka peluang prospek pasar yang menjanjikan. Maka dari itu, saya berkeinginan untuk memperbesar dan mengembangkan usaha ini untuk menjadi bidang usaha digital printing yang lebih baik.

MAKSUD DAN TUJUAN
1.    Membuka peluang usaha mandiri.
2.    Menciptakan lapangan pekerjaan.
3.    Mengurangi tingkat pengangguran.

PROFIL USAHA
Nama Usaha : LEYIF DIGITAL Photo and Printing
Alamat Usaha (saat ini) : Jl. Pahlawan, Kmp. Karang Anyar – Burneh (Home Industri)
Rencana Alamat Usaha Baru : Jl. Embong Mereng – Burneh – Bangkalan
Profil Pemilik : ( Terlampir dibagian Akhir Proposal)

Visi dan Misi
Visi :
Memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan dengan mengutamakan mutu, biaya dan waktu, guna memberikan kepuasan pelanggan sehingga menjadi sebuah perusahaan yang dikenal dan mampu bersaing dengan perusahaan sejenis di waktu sekarang dan yang akan datang.

Misi:
1.    Menciptakan konsep design yang inovatif dan kreatif.
2.    Memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan kepada pelanggan.
3.    Menjalin hubungan dan kerja sama yang baik melalui integritas, kepercayaan dan kesempatan bersama serta sesuai dengan perinsip-prinsi Islam.
4.    Memberikan layanan berupa perbaikan dan pemeliharaan atas hasil kerja untuk memenuhi kesepakatan kerja sama sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

ASPEK MANAJEMEN

a.    Planing

Dengan melihat situasi sekarang ini usaha yang saya buat sangat berpengaruh terhadap cara berkomunikasi modern saat ini yang sering menggunakan media digital sebagai alat penyampaiannya. Sibuknya masyarakat terhadap pekerjaannya mengakibatkan kurangnya komunikasi langsung terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga informasi yang bersifat umum jarang mereka terima. Solusinya media komunikasi dalam bentuk percetakan digital yang biasa berukuran sangat besar ditempatkan pada tempat-tempat umum agar dapat dibaca oleh khalayak ramai. Tentunya usaha ini sangat membantu mereka yang menginginkan informasi seputar kegiatan-kegiatan suatu instansi.


b.    Organizing

Usaha ini akan dilakukan oleh 2 orang pegawai dengan keterangan sebagai berikut : D3 Menejemen Informasi 1 orang, S1 Sarjana Ekonomi 1 orang, sehingga pekerjaan dapat dilakukan secara maksimal dengan hasil yang optimal.

c.    Actually

Usaha ini buka setiap hari dari pukul 07.30 pagi sampai pukul 21.00 WIB.

d.    Controlling

Setiap minggu diadakan evaluasi bersama untuk membahas pengeluaran dan pemasukan serta merekondisikan alat-alat cetak agar tetap terjaga kualitas hasil yang dicetak. Tidak lupa juga untuk membersihkan unit komputer dari virus-virus yang dapat menggangu atau merusak sistem aplikasi komputer. Sharing (berbagi) kepada sesama teman untuk mendapatkan informasi terkini  sehingga model desain yang kami tawarkan bisa bersaing dan mengikuti zaman.

TARGET PELANGGAN
            Target pelanggan digital printing ini adalah : Pelajar, Pedagang/Pengusaha, Perkantoran, instansi pemerintah, Pengusaha salon dan kuade, Organisasi Swadaya Masyrakat dan semua kalangan masyarakat umum.

ASPEK PASAR DAN PEMASARAN (STRATEGI BISNIS)
Usaha Digital Printing merupakan usaha yang memeliki prospek pasar yang sangat luas, hampir seluruh elemen masyakat membutuhkan jasa printing/percetakan. Diantara prospek pasar yang membutuhkan jasa  kami:
1.    Lembaga Kepemerintahan (dari Kelurahan sampai Pemerintah Pusat)
2.    Lembaga Pendidikan (dari TK s/d Perguruan Tinggi)
3.    Perusahan Kecil Menengah
4.    Perusahan – Perusahan Besar
5.    Organisasi Swadaya Masyrakat
6.    Siswa (dari SD s/d Perguruan Tinggi)
7.   Pengusaha Dekorasi Kuade
8.   Masyarakat Umum.                                       
Dalam dunia usaha, salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan perolehan omset penjualan yang relatif tinggi adalah penerapan strategi bisnis, oleh sebab itu, untuk kami yang tengah terjun dalam dunia usaha printing/percetakan perlu memiliki strategi  bisnis yang handal. Berikut Strategi kami:
1.    Kualitas Produk, ini prinsip paling dasar dalam strategi usaha printing/percetakan yang berkembang. Untuk memenuhi kualitas yang baik, tentu pilihan untuk tidak mengecewakan pelanggan.
2.    harga adalah pilihan yang tepat, sebab pada kenyataannya para pelanggan lebih memilih harga yang terjangkau dengan kualitas yang bagus.
3.    Lokasi Strategis, lokasi merupakan salah satu hal penting dalam dunia usaha.
4.    Promosi, maka langkah selanjutnya setelah 3 point di atas terpenuhi, selanjutnya harus melakukan promosi,  baik promosi melalui media cetak, seperti brosur, iklan di Koran, dll. atau pun juga melalui media elektronik seperti Smartphone dan media sosial (Online) seperti; FansPag FaceBook, Twitter, Blog, Website, WA, BBM, dll. Semuanya ini sangat penting karena ini sudah banyak terbukti efektif. Media Online yang kami sudah punya adalah:
2.  YouTube : LEYIF DIGITAL

JASA DAN PRODUK
JASA
PRODUK
-          Fotografi
-          Cetak Foto
-          Desain Grafis
-          Cetak Banner/spanduk
-          Editing Video
-          Cetak Undangan
-          Install Komputer/laptop
-          Cetak PIN/Gakupin
-          Penjilidan
-          Cetak Kartu nama

-          Cetak Dokumen

-          Cetak Kalender
Khusus untuk jasa dan produk akan selalu di upgrade, ditambah, dan dikembangkan sesuai dengan pengalaman dan ilmu yang diperoleh serta sesuai dengan keadaan biaya dan modal.

BIAYA DAN ANGGARAN
Untuk pembelian peralatan dan perlengkapan baru (yang belum ada) serta perlengkapan dan peralatan tambahan.
NO
NAMA PERALATAN
UNIT
 HARGA/UNIT
 JUMLAH
1
Printer Foto 6 Tinta
1
            3,500,000
   3,500,000
2
Komputer Desain
1
            3,000,000
   3,000,000
3
Meja
1
               200,000
      200,000
4
Kursi
5
                 50,000
      250,000
5
Mesin Scanner
1
               700,000
      700,000
6
Steples Besar
1
               200,000
      200,000
7
Alat Potong Kertas
1
               300,000
      300,000
8
Sewa Toko
1
            4,000,000
   4,000,000
9
kertas foto
1
                      200,000
      200,000
10
CD-R
1
                      160,000
      160,000
11
kertas Undangan
7
                        50,000
      350,000
12
Kertas HVS
3
                        35,000
      105,000
13
Lakban
2
                        17,500
             35,000
TOTAL
 13,000,000

Daftar peralatan dan perlengkapan yang sudah ada antara lain :
1.      Kamera DSLR  1 unit
2.      1 set Perlengkapan Fotografi dan Studio Portable
3.      Laptop  1 unit
4.      Printer  2 unit

Target Pendapatan, Biaya dan Laba
            Dihitung berdasarkan asumsi pendapatan dan laba terkecil per bulan.
No
Uraian
 Debit
 Kredit
 Laba Bersih
1
Print Dokumen 2 rim = 1000 lembar x Rp 500
500,000




Modal bahan pokok 1000 lembar x Rp 70

70,000
430,000





2
Cetak foto 10R = 10 lembar x 10000
100,000




Modal bahan pokok 10 x 1500

15,000
85,000





3
Cetak Pas Foto 3x4 = 100 lembar x Rp 500
50,000




Modal bahan pokok 100 x 100

10,000
40,000





4
Jasa install komputer/Laptop 2 unit x 50000
100,000




Modal bahan pokok

-
100,000





5
Jasa Desain Grafis 4 desain x 25000
100,000




Modal bahan pokok

-
100,000





6
Cetak Undangan = 400 lembar x 2000
800,000




Modal bahan pokok 200 lembar x 500

200,000
600,000





7
Jasa Scanner Dokumen / foto 10 file x 1000
10,000




Modal bahan pokok

-
10,000





8
Banner/Spanduk 4 item x 3 mtr x 20000
240,000




Modal bahan pokok 12 mtr x 12000

144,000
96,000





9
Jasa Foto + Cetak 2 Roll x 250000
500,000




Modal bahan pokok

100,000
400,000





10
Penjualan Figora 10R 4 pcs x 23000
92,000




Modal bahan pokok 4 pcs x 13000

52,000
40,000






Pendapatan per bulan
2,492,000








Pengeluaran per Bulan



1

Biaya Listrik

150,000

2

Tinta Printer

100,000

3

Beban penyusutan Peralatan

50,000

4

Sewa Gedung/Toko

334,000

5

Biaya transportasi

50,000








Total Pengeluaran per bulan

1,275,000


Laba Netto per Bulan


1,217,000






Pendapatan per Tahun
29,904,000



Pengeluaran per Tahun

15,300,000


Laba Netto Per Tahun


14,604,000


PENUTUP
1.     KESIMPULAN
Dari hasil analisa beberapa faktor, ternyata usaha Digital Photo and Printing mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha ini pada masa yang akan datang. Kalau kita cermati, permintaan akan jasa printing/percetakan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kepentingan lembaga, siswa, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya.
2.     SARAN
Dalam menjalankan usaha Digital Photo and Printing, yang perlu untuk diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga kualitas yang baik dan mencari segmen yang tepat untuk menentukan harga pasar.

Tidak ada komentar: