JUDUL PROOSAL
Digital
Photo and Printing
TEMA PROPOSAL
“Meningkatkan Kualitas Produk Serta Pelayanan Jasa Foto dan
Percetakan Digital dalam Era Teknologi Modern”
PENDAHULUAN
Di
dalam era modern yang mengarah kepada teknologi komunikasi ini sangat sulit
untuk mencari lapangan kerja yang kiranya dapat memenuhi kebutuhan hidup
sehari-hari. Peluang Lowongan Pekerjaan yang semakin sulit juga merupakan salah
satu faktor penyebab begitu banyaknya pengangguran. Oleh sebab itu, sebagai
generasi muda saya merasa terpanggil untuk berwirausaha dengan tidak bergantung
pada lapangan pekerjaan.
Adapun
yang saya rencanakan adalah usaha “Digital
Photo and Printing” yang mana bidang usaha ini punya prospek bagus dalam
jangka panjang.
LATAR BELAKANG
Semakin
canggihnya teknologi komunikasi terutama di bidang percetakan modern maka
setiap perusahaan, perkantoran, sarana pendidikan dan lain sebagainya akan
memerlukan jasa percetakan guna mensosialisasikan kegiatan-kegiatan mereka atau
mempromosikan produk usaha mereka kepada masyarakat di daerah tersebut.
Tentunya di daerah – daerah di luar kota masih sangat sedikit masyarakat yang
mengetahui tentang bisnis percetakan digital ini, sehingga saya berinisiatif
untuk membuat suatu usaha percetakan modern (Digital Printing) yang saya
beri nama LEYIF DIGITAL Photo and
Printing.
Usaha
percetakan digital ini memiliki prospek yang sangat bagus kedepannya. Karena selama
kepemerintahan atau dunia pendidikan dan Usaha Kecil Menengah (UKM) ini terus
berjalan dan bertambah, maka keberadaan usahan percetakan ini akan selalu
dibutuhkan oleh mereka, sebagai mitra mereka utuk memenuhi kebutuhan advertising atau promosi usaha mereka,
dalam kesempatan yang sama pula menurut pengalaman serta nalar logika dan adat
istiadat masyarakat serta lini kehidupan sosial manusia akan sangat membutuhkan
jasa fotografi dalam berbagai acara terutama acara resepsi pernikahan.
Diharapkan dengan adanya usaha ini akan mampu membuka peluang kerja bagi
masyarakat yang kreatif dalam bidang ini, sehingga ilmu yang telah diperoleh di
Sekolah atau di perguruan tinggi mampu mereka pergunakan secara maksimal di
usaha bisnis saya ini guna mempermudah media komunikasi dan periklanan dalam
masyarakat.
Alhamdulillah,
usaha saya ini sudah mulai berjalan dari empat tahun yang lalu, tepatnya Bulan
Mei 2013. Dan sampai sekarang masih berjalan dengan baik dan membuka peluang
prospek pasar yang menjanjikan. Maka dari itu, saya berkeinginan untuk
memperbesar dan mengembangkan usaha ini untuk menjadi bidang usaha digital
printing yang lebih baik.
MAKSUD DAN TUJUAN
1. Membuka
peluang usaha mandiri.
2.
Menciptakan lapangan pekerjaan.
3. Mengurangi
tingkat pengangguran.
PROFIL USAHA
Nama Usaha : LEYIF DIGITAL
Photo and Printing
Alamat Usaha (saat ini) :
Jl. Pahlawan, Kmp. Karang Anyar – Burneh (Home Industri)
Rencana Alamat Usaha Baru :
Jl. Embong Mereng – Burneh – Bangkalan
Profil Pemilik : (
Terlampir dibagian Akhir Proposal)
Visi dan Misi
Visi :
Memberikan pelayanan yang terbaik dan
memuaskan dengan mengutamakan mutu, biaya dan waktu, guna memberikan kepuasan
pelanggan sehingga menjadi sebuah perusahaan yang dikenal dan mampu bersaing
dengan perusahaan sejenis di waktu sekarang dan yang akan datang.
Misi:
1.
Menciptakan konsep design yang inovatif dan kreatif.
2.
Memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan kepada pelanggan.
3.
Menjalin hubungan dan kerja sama yang baik melalui integritas, kepercayaan dan
kesempatan bersama serta sesuai dengan perinsip-prinsi Islam.
4.
Memberikan layanan berupa perbaikan dan pemeliharaan atas hasil kerja untuk
memenuhi kesepakatan kerja sama sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
ASPEK
MANAJEMEN
a.
Planing
Dengan melihat situasi
sekarang ini usaha yang saya buat sangat berpengaruh terhadap cara
berkomunikasi modern saat ini yang sering menggunakan media digital sebagai
alat penyampaiannya. Sibuknya masyarakat terhadap pekerjaannya mengakibatkan
kurangnya komunikasi langsung terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga
informasi yang bersifat umum jarang mereka terima. Solusinya media komunikasi
dalam bentuk percetakan digital yang biasa berukuran sangat besar ditempatkan pada
tempat-tempat umum agar dapat dibaca oleh khalayak ramai. Tentunya usaha ini
sangat membantu mereka yang menginginkan informasi seputar kegiatan-kegiatan
suatu instansi.
b. Organizing
Usaha ini akan dilakukan
oleh 2 orang pegawai dengan keterangan sebagai berikut : D3 Menejemen Informasi
1 orang, S1 Sarjana Ekonomi 1 orang, sehingga pekerjaan dapat dilakukan secara
maksimal dengan hasil yang optimal.
c. Actually
Usaha ini buka setiap hari
dari pukul 07.30 pagi sampai pukul 21.00 WIB.
d. Controlling
Setiap minggu diadakan
evaluasi bersama untuk membahas pengeluaran dan pemasukan serta merekondisikan
alat-alat cetak agar tetap terjaga kualitas hasil yang dicetak. Tidak lupa juga
untuk membersihkan unit komputer dari virus-virus yang dapat menggangu atau
merusak sistem aplikasi komputer. Sharing
(berbagi) kepada sesama teman untuk mendapatkan informasi terkini sehingga model desain yang kami tawarkan bisa
bersaing dan mengikuti zaman.
TARGET PELANGGAN
Target pelanggan digital printing ini adalah :
Pelajar, Pedagang/Pengusaha, Perkantoran, instansi pemerintah, Pengusaha salon
dan kuade, Organisasi Swadaya
Masyrakat dan semua kalangan masyarakat umum.
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN (STRATEGI BISNIS)
Usaha
Digital Printing merupakan usaha yang memeliki prospek pasar yang sangat luas,
hampir seluruh elemen masyakat membutuhkan jasa printing/percetakan. Diantara
prospek pasar yang membutuhkan jasa kami:
1. Lembaga Kepemerintahan
(dari Kelurahan sampai Pemerintah Pusat)
2. Lembaga Pendidikan (dari
TK s/d Perguruan Tinggi)
3. Perusahan Kecil Menengah
4. Perusahan – Perusahan
Besar
5. Organisasi Swadaya
Masyrakat
6. Siswa
(dari SD s/d Perguruan Tinggi)
7. Pengusaha Dekorasi Kuade
8. Masyarakat Umum.
Dalam
dunia usaha, salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan perolehan
omset penjualan yang relatif tinggi adalah penerapan strategi bisnis, oleh
sebab itu, untuk kami yang tengah terjun dalam dunia usaha printing/percetakan
perlu memiliki strategi bisnis yang handal. Berikut Strategi kami:
1.
Kualitas Produk, ini prinsip paling dasar dalam strategi usaha printing/percetakan
yang berkembang. Untuk memenuhi kualitas yang baik, tentu pilihan untuk tidak mengecewakan
pelanggan.
2.
harga adalah pilihan yang tepat, sebab pada kenyataannya para pelanggan lebih
memilih harga yang terjangkau dengan kualitas yang bagus.
3.
Lokasi Strategis, lokasi merupakan salah satu hal penting dalam dunia usaha.
4.
Promosi, maka langkah selanjutnya setelah 3 point di atas terpenuhi, selanjutnya
harus melakukan promosi, baik promosi melalui media cetak, seperti
brosur, iklan di Koran, dll. atau pun juga melalui media elektronik seperti
Smartphone dan media sosial (Online)
seperti; FansPag FaceBook, Twitter, Blog, Website, WA, BBM, dll. Semuanya ini
sangat penting karena ini sudah banyak terbukti efektif. Media Online yang kami
sudah punya adalah:
2. YouTube : LEYIF DIGITAL
JASA DAN PRODUK
JASA
|
PRODUK
|
-
Fotografi
|
-
Cetak Foto
|
-
Desain Grafis
|
-
Cetak
Banner/spanduk
|
-
Editing Video
|
-
Cetak
Undangan
|
-
Install
Komputer/laptop
|
-
Cetak
PIN/Gakupin
|
-
Penjilidan
|
-
Cetak Kartu
nama
|
|
-
Cetak Dokumen
|
|
-
Cetak
Kalender
|
Khusus untuk jasa dan produk akan selalu di upgrade, ditambah, dan dikembangkan
sesuai dengan pengalaman dan ilmu yang diperoleh serta sesuai dengan keadaan
biaya dan modal.
BIAYA DAN ANGGARAN
Untuk pembelian
peralatan dan perlengkapan baru (yang belum ada) serta perlengkapan dan
peralatan tambahan.
NO
|
NAMA PERALATAN
|
UNIT
|
HARGA/UNIT
|
JUMLAH
|
1
|
Printer
Foto 6 Tinta
|
1
|
3,500,000
|
3,500,000
|
2
|
Komputer
Desain
|
1
|
3,000,000
|
3,000,000
|
3
|
Meja
|
1
|
200,000
|
200,000
|
4
|
Kursi
|
5
|
50,000
|
250,000
|
5
|
Mesin
Scanner
|
1
|
700,000
|
700,000
|
6
|
Steples
Besar
|
1
|
200,000
|
200,000
|
7
|
Alat
Potong Kertas
|
1
|
300,000
|
300,000
|
8
|
Sewa
Toko
|
1
|
4,000,000
|
4,000,000
|
9
|
kertas
foto
|
1
|
200,000
|
200,000
|
10
|
CD-R
|
1
|
160,000
|
160,000
|
11
|
kertas
Undangan
|
7
|
50,000
|
350,000
|
12
|
Kertas
HVS
|
3
|
35,000
|
105,000
|
13
|
Lakban
|
2
|
17,500
|
35,000
|
TOTAL
|
13,000,000
|
Daftar peralatan dan
perlengkapan yang sudah ada antara lain :
1.
Kamera DSLR 1 unit
2.
1 set Perlengkapan Fotografi
dan Studio Portable
3.
Laptop 1 unit
4.
Printer 2 unit
Target Pendapatan, Biaya dan Laba
Dihitung berdasarkan asumsi pendapatan dan laba terkecil
per bulan.
No
|
Uraian
|
Debit
|
Kredit
|
Laba Bersih
|
|
1
|
Print
Dokumen 2 rim = 1000 lembar x Rp 500
|
500,000
|
|
|
|
|
|
Modal
bahan pokok 1000 lembar x Rp 70
|
|
70,000
|
430,000
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Cetak
foto 10R = 10 lembar x 10000
|
100,000
|
|
|
|
|
|
Modal
bahan pokok 10 x 1500
|
|
15,000
|
85,000
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Cetak
Pas Foto 3x4 = 100 lembar x Rp 500
|
50,000
|
|
|
|
|
|
Modal
bahan pokok 100 x 100
|
|
10,000
|
40,000
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Jasa
install komputer/Laptop 2 unit x 50000
|
100,000
|
|
|
|
|
|
Modal
bahan pokok
|
|
-
|
100,000
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Jasa
Desain Grafis 4 desain x 25000
|
100,000
|
|
|
|
|
|
Modal
bahan pokok
|
|
-
|
100,000
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Cetak
Undangan = 400 lembar x 2000
|
800,000
|
|
|
|
|
|
Modal
bahan pokok 200 lembar x 500
|
|
200,000
|
600,000
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Jasa
Scanner Dokumen / foto 10 file x 1000
|
10,000
|
|
|
|
|
|
Modal
bahan pokok
|
|
-
|
10,000
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Banner/Spanduk
4 item x 3 mtr x 20000
|
240,000
|
|
|
|
|
|
Modal
bahan pokok 12 mtr x 12000
|
|
144,000
|
96,000
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Jasa
Foto + Cetak 2 Roll x 250000
|
500,000
|
|
|
|
|
|
Modal
bahan pokok
|
|
100,000
|
400,000
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Penjualan
Figora 10R 4 pcs x 23000
|
92,000
|
|
|
|
|
|
Modal
bahan pokok 4 pcs x 13000
|
|
52,000
|
40,000
|
|
|
|
|
|
|
|
Pendapatan
per bulan
|
2,492,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengeluaran
per Bulan
|
|
|
|
|
1
|
|
Biaya
Listrik
|
|
150,000
|
|
2
|
|
Tinta
Printer
|
|
100,000
|
|
3
|
|
Beban
penyusutan Peralatan
|
|
50,000
|
|
4
|
|
Sewa
Gedung/Toko
|
|
334,000
|
|
5
|
|
Biaya
transportasi
|
|
50,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
Pengeluaran per bulan
|
|
1,275,000
|
|
|
|
Laba
Netto per Bulan
|
|
|
1,217,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pendapatan
per Tahun
|
29,904,000
|
|
|
|
|
Pengeluaran
per Tahun
|
|
15,300,000
|
|
|
|
Laba
Netto Per Tahun
|
|
|
14,604,000
|
|
|
PENUTUP
1.
KESIMPULAN
Dari hasil
analisa beberapa faktor, ternyata usaha Digital Photo and Printing mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan
layak untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha ini
pada masa yang akan datang. Kalau kita cermati, permintaan akan jasa printing/percetakan
semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kepentingan lembaga, siswa, mahasiswa
dan masyarakat pada umumnya.
2.
SARAN
Dalam
menjalankan usaha Digital Photo and Printing, yang perlu untuk diperhatikan adalah mengenai
bagaimana menjaga kualitas yang baik dan mencari segmen yang tepat untuk menentukan
harga pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar